ISLAMIC CENTER KIBIN


Islamic Centre adalah sebuah komplek bangunan dengan nuansa “Islami” yang menjadi sentrum/pusat pengkajian Islam dan PUSDIKLAT bagi penduduk muslim setempat. Tujuan didirikannya Islamic Centre adalah untuk memajukan umat Islam di berbagai bidang kehidupan. Pada awal kemunculannya terletak di pusat kota. Namun kini di satu daerah atau kota saja ada beberapa Islamic Centre. Setiap Komplek Islamic Centre biasanya berada di bawah naungan suatu organisasi swasta maupun pemerintahan.
Istilah Islamic Centre belum pernah dikenal sebelumnya dalam sejarah Islam. Baru-baru ini saja muncul. Awalnya istilah ini muncul di luar negeri, di daerah muslim minoritas yang mereka tidak memiliki masjid di dekat tempat tinggal mereka. Akhirnya masyarakat muslim minoritas dari beberapa daerah di luar negeri berkumpul mendirikan Islamic Centre yang menjadi pusat tempat ibadah bagi mereka semua. Pencetusan Islamic Centre sebagai sentrum umat Islam di luar negeri inilah yang kemudian diadopsi dan diinisiasi di Indonesia.
Di nusantara dan di manca, Islamic Centre ini memiliki beberapa nama yang sejenis; Centre for Islamic Studies, Islamic Studies Centre, Islamic Cultural Centre, Markaz Islamic Centre, Religious Organization. Masjid Islamic Centre, Al-Markaz Al-Islami. Ada pula yang setelah Islamic Centre diikuti dengan nama seorang Ulama Salaf, ada pula ulama Khalaf, ada pula nama seseorang tersendiri, juga ada nama sebuah organisasi.

Zaman dahulu umat Islam hebat, umat Islam jaya, umat Islam unggul. Di berbagai belahan dunia, banyak lahir ilmuwan dan cendekiawan muslim besar yang diakui kehebatannya oleh Dunia. Bahkan umat lain menimba sekaligus mencuri ilmu dari mereka. Umat Islam bangga dengan sejarah bertintakan emas umat di masa lampau. Namun saaat ini, banyak kalangan yang menyadari kemunduran dan kelemahan umat Islam dizaman sekarang. Kejayaan mereka padam. Tidak sebagaimana para pendahulu mereka. Kini umat Islam lemah, hina, miskin, tak berdaya ditopang dengan  Pemerintahan yang pro barat dan melemahkan Islam itu sediri.
Dengan tekad meraih kembali kejayaan umat Islam dan keunggulannya atas umat lainnya, banyak umat Islam yang berusaha meraihnya dengan memajukan peradaban Islam di dunia. Mereka berasumsi, umat Islam akan kembali jaya dengan kemajuannya di bidang-bidang duniawi. Bertolak dari asumsi itulah, masyarakat dikecamatan Kibin bersinergi untuk menciptakan fasilitas-fasilitas edukasi, lightment, dan pembinaan bagi umat Islam Indonesia khususnya di Kecamatan kibin Kabupaten Serang Provinsi Banten . Di antara bentuk konkrit upaya tersebut adalah didirikannya pusat-pusat kajian Islam atau yang lazim disebut Islamic Centre.
Menyadari urgentnya eksistensi Islamic Centre ini Unsur Muspika maupun organisasi independent , tokoh masyarakat , tokoh agama,Tokoh Pemuda dan para Aktivis Islam ikut andil bagian dalam pendirian Islamic Centre. Pemerintah Kecamatan kibin  sampai pemerintah Desa RT/RW berkontribusi dalam proses pendirian Islami Centre ini. Bahkan merekalah yang memberikan donasi demi terbentuknya Islamic Center Kibin ini. Rumusan rumusan dalam Pembentukan Islamic Center Kibin telah dimulai dan sudah bermusyawarah tiga kali hingga saat artikel ini dibuat, musyawarah pertama rumusan atau rencana yang di motori oleh Tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan unsur pemerintahan baik Pemerintahan Desa dan Juga Pemerintahan Kecamatan atau MUPIKA. Kemudian Musyawarah yang kedua langsung pembentukan Panitia Pendirian Islamic Center sedangkan musyawarah yang ketiga pembuatan Surat Keputusan ( SK) oleh  Bapak Lukman Hakim selaku Camat Kibin sekaligus Pengukuhan Panitia dan merencanakan / Pembuatan Program Kerja juga menetapkan lokasi Pendirian Islamic Center Kibin, yang awal mulanya lokasi pendirian Islamic Center Kibin ada beberapa pilihan lokasi yang pertama di tanah Pasos Pasum Milik pemerintah daerah yang terletak di Desa Kibin dan yang kedua di Perumahan Bumi Nagara Lestari yang terletak di Desa Nagara dan yang ketiga Tanah Hibah di Pasar Raya Tambak yang terletak di Desa Kibin. Kemudian hasil musyawarah bersama maka ditetapkan lokasi Islamic Center Kibin di tentukan di Pasar Raya Tambak namun ini juga masih dalam kajian perijinan (By. Mad Waseh )


0 Response to "ISLAMIC CENTER KIBIN"

Posting Komentar