PT. NIKOMAS GEMILANG PANGKAS HINGGA 1600 KARYAWAN


 Kibin media.com (Rabu, 16 Januari 2023), mendapat kabar buruk dari industri padat karya di Provinsi Banten. Pembuat sepatu PT Nikomas Gemilang dilaporkan berencana memangkas hingga 1.600 pekerjaan. Pabrik yang berlokasi di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Provinsi Banten itu kini meminta karyawannya untuk mengundurkan diri secara sukarela.

 Nikomas adalah perusahaan yang memproduksi sepatu untuk merek global. Artinya perusahaan ini merupakan industri yang berorientasi ekspor. Menurut Salah satu anggota Asosiasi Sepatu Indonesia (Aprisindo), Nikomas merupakan perusahaan sepatu terbesar di Indonesia. "Saya tahu ini adalah perusahaan sepatu terbesar di Indonesia dan mereka melakukan segalanya untuk melindungi perusahaan tanpa memotong karyawan. Selama dia bisa mempertahankannya, dia pasti akan mempertahankannya. Tapi jika dia tidak bisa mempertahankannya, itu berarti situasinya sudah buruk," katanya kepada wartawan, Rabu (2023).

 Pengurangan pegawai atau pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan langkah terakhir setelah sebuah perusahaan mencoba berbagai cara untuk bertahan hidup. "PHK dilakukan tidak hanya oleh mereka (PT Nikomas Gemilang) tapi juga oleh banyak pihak. Mereka menawarkan paket bagi yang berminat PHK. Pemutusan hubungan kerja adalah jalan terakhir," kata salah satu anggota Aprisindo melanjutkan. .

 “PT Nikomas Gemilang telah menempuh berbagai jalan untuk bertahan dalam perekonomian global yang sulit, namun demi keberlangsungan perusahaan, PT Nikomas Gemilang dengan berat hati memutuskan untuk mengurangi tenaga kerjanya menjadi 1600 orang. Hal ini sudah berlangsung berbulan-bulan dan menawarkan voluntary churn rate,” kata juru bicara PT Nikolas Gemilang Rahmat (16/01/2023) melalui WhatsUp

0 Response to "PT. NIKOMAS GEMILANG PANGKAS HINGGA 1600 KARYAWAN"

Posting Komentar